Home » » Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

(DIRANGKUM DARI BUKU 4)

Macam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

    1. Pengembangan Diri
    2. Publikasi Ilmiah
    3. Karya Inovatif

    A. PENGEMBANGAN DIRI

    1. Mengikuti diklat fungsional: 

        Macamnya : kursus, pelatihan, penataran, maupun diklat lainnya
  1. Lebih dari 960 jam, angka kredit 15
  2. Antara 641 s/d 960 jam, angka kredit  9
  3. Antara 481 s/d 640 jam, angka kredit 6
  4. Antara 181 s/d 480 jam, angka kredit 3
  5. Antara 81 s/d 180 jam, angka kredit  2
  6. Antara 30 s/d 80 jam, angka kredit 1
     2. Mengikuti kegiatan kolektif guru: Macamnya berupa:
  1. Mengikuti lokakarya atau kegiatan kelompok/ musyawarah kerja guru atau inhouse training untuk penyusunan perangkat kurikulum dan/atau kegiatan pembelajaran termasuk pembelajaran berbasis TIK, penilaian, pengembangan media pembelajaran, dan/atau kegiatan lainnya untuk kegiatan pengembangan keprofesian guru.
  2. Mengikuti, baik sebagai pembahas maupun sebagai peserta, pada seminar, koloqium, diskusi panel, atau bentuk pertemuan ilmiah lainnya.
  3. Mengikuti kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru terkait dengan pengembangan keprofesiannya.
 
Macam Kegiatan Kolektif yang Diikuti Guru dan Angka Kreditnya :
    1 Lokakarya atau kegiatan bersama (seperti kelompok/ musyawarah kerja guru) untuk penyusunan   perangkat kurikulum dan atau pembelajaran 0,15
    2 Kegiatan ilmiah, seperti seminar, koloqium, diskusi panel atau
       bentuk pertemuan ilmiah yang lain:
            • Sebagai pembahas atau pemakalah angka kredit 0.2
            • Sebagai peserta angka kredit 0.1
     3 Kegiatan kolektif lainnya yang sesuai dengan tugas dan kewajiban Guru  angka kredit 0,1

    B. PUBLIKASI ILMIAH
    1. Presentasi pada forum ilmiah;
    Definisi: Guru seringkali diundang untuk mengikuti pertemuan ilmiah. Tidak jarang, mereka juga diminta untuk memberikan presentasi, baik sebagai pemrasaran atau pembahas pada pertemuan ilmiah tersebut. Untuk keperluan itu, guru harus membuat prasaran ilmiah. Besaran angka kredit pemrasaran/nara sumber pada forum ilmiah sebagai berikut.

    No
    Jenis Kegiatan dalam Forum Ilmiah Angka
    Kredit
    1 Pemrasaran/nara sumber pada seminar atau lokakarya ilmiah 0,2
    2 Pemrasaran/nara sumber pada koloqium atau diskusi ilmiah 0,2

    2. Publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal
    Definisi: Karya tulis ilmiah guru dapat dipublikasikan dalam bentuk laporan hasil penelitian (misalnya laporan Penelitian Tindakan Kelas) atau berupa tinjauan/gagasan ilmiah yang ditulis berdasar pada pengalaman dan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi guru.
    Publikasi karya tulis ilmiah guru di atas, terdiri dari empat kelompok, yakni:
    a) Laporan hasil penelitian.
    b) Tinjauan ilmiah.
    c) Tulisan ilmiah popular.
    d) Artikel ilmiah.

    a) Laporan hasil penelitian
    Definisi: Laporan hasil penelitian adalah karya tulis ilmiah berisi laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendidikan yang telah dilaksanakan guru di sekolah/ madrasahnya dan sesuai dengan tupoksinya, antara lain dapat berupa laporan Penelitian Tindakan Kelas.

    No. Jenis Publikasi Ilmiah Hasil Penelitian di Bidang
    Pendidikan Formal Angka
    Kredit
    1 Berupa buku yang diterbitkan ber ISBN dan diedarkan
    secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP. 4
    2 Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di jurnal
    ilmiah tingkat nasional yang terakreditasi 3
    3 Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di jurnal ilmiah tingkat provinsi

    2
    4 Berupa tulisan (artikel ilmiah) yang dimuat di jurnal
    ilmiah tingkat kabupaten/kota 1
    5 Berupa makalah hasil penelitian dan telah
    diseminarkan di sekolah/madrasah penulis. 4

    b) Makalah Tinjauan Ilmiah
    Definisi: Makalah tinjuan ilmiah adalah karya tulis guru yang berisi ide/gagasan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di sekolah/madrasahnya).

    No.
    Jenis Publikasi Ilmiah pada Bidang Pendidikan Angka
    Kredit
    1 Tinjauan Ilmiah dalam bidang pendidikan formal
    dan pembelajaran pada satuan pendidikan 2

    c) Karya Ilmiah Populer
    Definisi: Karya ilmiah populer adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa (koran, majalah, atau sejenisnya). Karya ilmiah populer dalam kaitan dengan upaya pengembangan profesi ini merupakan kelompok tulisan yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan, berupa ide, atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendidikan pada satuan pendidikan penulis bersangkutan.

    No. Jenis Tulisan Ilmiah Populer di Bidang Pendidikan
    dan Pembelajaran Angka
    Kredit
    1 Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal
    dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat nasional 2
    2 Artikel ilmiah populer di bidang pendidikan formal
    dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di media massa tingkat provinsi 1,5

    d) Artikel Ilmiah
    Definisi: Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan adalah tulisan yang berisi gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran di satuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah.

    No. Jenis Artikel Ilmiah di Bidang Pendidikan dan
    Pengajaran Angka
    Kredit
    1 Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di jurnal tingkat nasional terakreditasi 2
    2 Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan di muat di jurnal tingkat nasional tidak terakreditasi atau tingkat provinsi terakreditasi 1,5
    3 Artikel ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran pada satuan pendidikan dimuat di jurnal tingkat provinsi tidak terakreditasi atau tingkat lokal (kabupaten/kota/sekolah/madrasah) 1

    3. Publikasi bukut teks pelajaran, buku pengayaan dan atau pedoman guru
    Publikasi ilmiah pada kelompok ini terdiri dari:
    a) Buku Pelajaran
    b) Modul/Diktat Pembelajaran
    c) Buku dalam Bidang Pendidikan
    d) Karya Terjemahan
    e) Buku Pedoman Guru

    a) Buku Pelajaran
    Definisi: Buku pelajaran adalah buku berisi pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi siswa pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama atau pelengkap. Buku dapat ditulis guru secara individu atau berkelompok.

    No.
    Jenis Buku Pelajaran Angka
    Kredit
    1 Buku pelajaran yang lolos penilaian oleh BSNP 6
    2 Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit dan
    ber ISBN 3
    3 Buku pelajaran yang dicetak oleh penerbit tetapi
    belum ber -ISBN 1

    b) Modul/Diklat Pembelajaran
    (1) Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut.
    (2) Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/ memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

    No. Jenis Modul/Diktat Pembelajaran per
    Semester Angka
    Kredit
    1 Modul dan diktat yang digunakan di
    tingkat provinsi. 1,5
    2 Modul dan diktat yang digunakan di tingkat kota/kabupaten. 1
    3 Modul dan diktat yang digunakan di
    sekolah/madrasah. 0,5

    d) Karya Terjemahan
    Definisi: Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia, atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah.

    No
    Jenis Karya Publikasi Ilmiah Angka
    Kredit
    1 Karya hasil terjemahan 1

    e) Buku Pedoman Guru
    Definisi: Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru. Isi rencana kerja tersebut paling tidak meliputi upaya dalam meningkatkan/memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Pada rancangan itu harus pula disajikan rencana kegiatan PKB yang akan dilakukan.

    No.
    Jenis Karya Publikasi Ilmiah Angka
    Kredit
    1 Buku Pedoman Guru 1,5

    C. KARYA INOVATIF
    Terdiri dari:
    1. Menemukan teknologi tepat guna
    2. Menemukan/menciptakan karya seni
    3. Membuat/memodifikasi alat pelajaran
    4. Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya

    1. Menemukan teknologi tepat guna
    Definisi: Karya Teknologi Tepat Guna yang selanjutnya disebut karya sains/teknologi adalah karya hasil rancangan/ pengembangan/percobaan dalam bidang sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.
    Jenis karya sains/teknologi
    a. Media pembelajaran/bahan ajar interaktif berbasis komputer untuk setiap standar kompetensi atau beberapa kompetensi dasar.
    b. Program aplikasi komputer untuk setiap aplikasi.
    c. Alat/mesin yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat untuk setiap unit alat/mesin.
    d. Bahan tertentu hasil penemuan baru atau hasil modifikasi tertentu untuk setiap jenis bahan.
    e. Konstruksi dengan bahan tertentu yang dirancang untuk keperluan bidang pendidikan atau kemasyarakatan untuk setiap konstruksi.
    f. Hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi untuk setiap hasil eksperimen.
    g. Hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran.

    No. Menemukan Teknologi Tepat Guna
    (Karya Sains/Teknologi) Angka
    Kredit
    1 Kategori kompleks 4
    2 Kategori sederhana 2

    2. Menemukan/menciptakan karya seni
    Definisi: Menemukan/menciptaan karya seni adalah proses perefleksian nilai-nilai dan gagasan manusia yang diekspresikan secara estetik dalam berbagai medium seperti rupa, gerak, bunyi, dan kata yang mampu memberi makna transendental baik spriritual maupun intelektual bagi manusia dan kemanusiaan.
    Jenis Karya Seni
    a. Karya seni yang bukti fisiknya dapat disertakan langsung untuk penilaian angka kredit jabatan guru adalah: Seni sastra (novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, naskah drama/teater/film), seni rupa (a.l.: keramik kecil, benda souvenir), seni desain grafis (a.l.: sampul buku, poster, brosur, fotografi), seni musik rekaman, film, dan sebagainya.
    b. Karya seni yang bukti fisiknya tidak dapat disertakan langsung untuk penilaian angka kredit jabatan guru: seni rupa (a.l.: lukisan, patung, ukiran, keramik ukuran besar, baliho, busana), seni pertunjukan (a.l: teater, tari, sendratasik, ensambel musik), dan sebagainya.
    c. Karya seni dapat berupa karya seni individual yang diciptakan oleh perorangan (a.l.: seni lukis, seni sastra) dan karya seni kolektif yang diciptakan secara kolaboratif atau integratif (a.l.: teater, tari, ensambel musik).
    d. Karya seni kategori kompleks mengacu kepada lingkup sebaran publikasi, pameran, pertunjukan, lomba, dan pengakuan pada tataran nasional/internasional, sedangkan karya seni kategori sederhana mengacu kepada lingkup sebaran publikasi, pameran, pertunjukan, lomba, dan pengakuan pada tataran kabupaten/kota/provinsi.
    3. Membuat/memodifikasi Alat Pelajaran/Peraga/Praktikum
    a. Sub-unsur Membuat Alat Pelajaran
    Definisi: Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu kelancarann proses pembelajaran/ bimbingan pada khususnya dan proses pendidikan di sekolah/madrasah pada umumnya.
    Jenis alat pelajaran:
    1) Alat bantu presentasi
    2) Alat bantu olahraga
    3) Alat bantu praktik
    4) Alat bantu musik.
    5) Alat lain yang membantu kelancaran proses pembelajaran/bimbingan atau pendidikan di sekolah/madrasah.
    b. Subunsur Membuat Alat Peraga
    Definisi: Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep/ teori/ cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan. Jenis alat peraga
    1) Poster/gambar untuk pelajaran
    2) Alat permainan pendidikan
    3) Model benda/barang atau alat tertentu
    4) Benda potongan (cutaway object)
    5) Film/video pelajaran pendek
    6) Gambar animasi komputer, dan
    7) Alat peraga lain
    c. Subunsur Membuat Alat Praktikum
    Definisi: Alat praktikum adalah alat yang digunakan untuk praktikum sains, matematika, teknik, bahasa, ilmu sosial, humaniora, dan keilmuan lainnya.
    Jenis alat praktikum
    1) Alat praktikum sains (matematika, fisika, kimia, biologi).
    2) Alat praktikum teknik (mesin, listrik, sipil).
    3) Alat praktikum bahasa, ilmu sosial, humaniora, dan lainnya.

    No. Membuat/Memodifikasi Alat
    Praktikum Angka
    Kredit
    1 Kategori kompleks 4
    2 Kategori sederhana 2
    4. Kegiatan penyusunan standar/pedoman/soal
    Definisi: Kegiatan penyusunan standar/pedoman/soal yang diselenggarakan oleh instansi tingkat nasional atau provinsi.

    No. Mengikuti Pengembangan Penyusunan
    Standar, Pedoman, Soal, dan Sejenisnya Angka
    Kredit
    1 Tingkat nasional 1
    2 Tingkat provinsi 1

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

2 komentar:

  1. TITanium Artoon - Guitar | TITanium Arts
    Guitar is an titanium mesh American titanium strength guitar style piano. TITanium, American titanium engagement rings guitar titanium hair trimmer style; guitar design; American guitar; American guitar; Guitar; American guitar; titanium solvent trap American

    BalasHapus

HTM4